Tingkatkan Keterampilan dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, MAN 1 Mamuju Gelar Workshop Robotika 2023

HUMAS MAN 1 MAMUJU – Ekskul Robotik MAN 1 Mamuju menggelar kegiatan Workshop Robotika di Ruang Kelas MAN 1 Mamuju, Jl Soekarno Hatta, Minggu (28/05). Workshop yang digelar dengan tema Eksplorasi Pemrograman Mikrokontroler Sederhana ini diikuti oleh 13 perwakilan siswa kelas X MAN 1 Mamuju.

Kepala MAN 1 Mamuju Baharuddin dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan Workshop Robotika ini untuk mengajak peserta didik MAN 1 Mamuju lebih mengenal dan terampil dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khusunya dalam dunia robotik. “Saya sangat bersyukur kegiatan Workshop Robotika ini bisa terlaksana dan membawa manfaat untuk peserta didik MAN 1 Mamuju. “Selaku Kepala MAN 1 Mamuju ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan. Pertama, ini adalah kegiatan robotik ini merupakan kegitan ekstra kurikuler bergensi. Karena tidak semua sekolah/madrasah mampu melaksanakan dan memfasilitasi siswa dalam kegiatan ekskul seperti ini. Kedua, Ekskul robotika ini ajangnya sampai ke tingkat nasional hingga internasional,” ungkapnya.

Selanjutnya, Baharuddin menambahkan harapannya untuk kegiatan workshop ini peserta didik  bisa mengikuti dengan lebih giat dan semangat. “Bapak berharap kepada anak-anakku sekalian, meski dengan segala keterbatasan sarana madrasah kita, kalian harus lebih giat, lebih bersemangat mengikuti kegiatan workshop ini. Semoga hasil yang kita dapatkan dari kegiatan Workshop Robotika ini, dapat membuat kalian lebih mengenal lebih dekat dengan dunia robotik. Tolong ikuti kegiatan workshop ini, kegiatan ekskul yang bergensi ini,” tutupnya.

Sementara itu, Pembina Putra Ekskul Robotik MAN 1 Mamuju, Deni Wijaya mengatakan, Workshop Robotika ini merupakan kegiatan tahun kedua yang dilaksanakan di MAN 1 Mamuju.  “Workshop Robotika ini sudah tahun ke dua dilaksanakan di MAN 1 Mamuju. Dan selalu disambut antusias oleh peserta didik MAN 1 Mamuju. Kami berharap tahun ini akan muncul bakat-bakat terbaik di bidang Robotik untuk mewakili MAN 1 Mamuju di Kompetisi Robotik Madrasah,” harap Guru BK MAN 1 Mamuju ini.

Deni Wijaya menambahkan, bahwa Materi workshop ini, secara teknis akan dibimbing oleh pemateri yaitu Wiyono salah satu Guru Elektronika SMK Negeri 1 Tapalang Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. “Adapun materi yang disampaikan yaitu Perakitan dan Pemrograman Dasar Arduino Uno, Sensor, dan Aktuator.,” tambahnya.

Pemateri Workshop Robotika Wayuno menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini sangat bermanfaat bagi kita. Kita tidak akan terlepas dari yang namanya robot. Saat ini, robot banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, robot sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia.

Wayuno menambahkan bahwa tujuan setelah mengikuti kegiatan workshop robotika ini diharapkan peserta pelatihan kompoten menggunakan perangkat Arduino, Sensor, dan Aktuator untuk penerapan pada sistem robot. “Peserta pelatihan diharapkan kompoten dalam merakit komponen sensor dan aktuator pada Arduino sesuai dengan gambar skematik, menulis sketch program pada aplikasi Arduino IDE sesuai aturan penulisan instruksi program, dan mengcompile, mengupload, dan mengoperasikan program sesuai dengan algoritma,” ungkap alumni Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ini. (NJA)

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *